Tinggalkan komentar

Ada Apa Dengan Kostum Tim Garuda?

Menyaksikan laga Indonesiavs Malaysia pada leg 1, membuat saya sedikit agak kecewa. Sejak pertama para punggawa bola Timnas Garuda memasuki lapangan rumput Bukit Jalil, saya agak ragu. Mampukah Indonesia menggayang Malaysia? Bayangin aja, kostumnya putih!!! Nampaknya sudah mempengaruhi suasana hati para pemain Timnas Garuda. Penampilan mereka jadi tidak garang.

Kegarangan dan semangat yang membara seakan tidak muncul di tengah-tengah lautan kuning suporter Malaysia. Benar saja. Dari menit pertama permainan Indonesia lempeng dan adem. Sampe di putaran 45 menit kedua. Dan Indonesia kebobolan 3 gol.

Sedih dan berduka. Tapi bagaimanapun, kami tetap bangga pada Tim Garuda. Langkah masih terasa panjang. Tunjukkan bahwa kita masih bisa menang.

Ada satu yang cukup mengganjal di hati saya. Kenapa Timnas mengenakan kostum putih? Siapa yang ngusulin? Kayaknya yang usul warna kaos Timnas putih, belum pernah nonton bola. Warna putih jadi mati ketika main di tengah lapangan. Karena saya lihat beberapa kali pemain kita salah umpan.

Menurut teori belajar, Tim Garuda sudah terbiasa dengan kostum merah. Dan yang membekas di memori mereka adalah warna  merah. Ketika kostum meraka berganti warna, mereka seketika harus memasukkan hal baru dalam memorinya. Akhirnya mereka harus dua kali menyesuaikan diri, dengan lapangan baru dan kostum baru. Terlihat mereka bingung dan canggung untuk mengoper bola. Mereka seolah mencari teman-teman Tim mereka di lapangan. Coba kita bayangkan kalau mereka mengenakan kostum merah, dengan pandangan dari ekor mata, mereka langsung dapat mengenali mana lawan dan mana kawan. Permainan tim bisa jadi lebih solid. Kepada yang berkepentingan, mohon perhatikan juga hal ini. Saya pikir, memberikan kostum yang sama setiap kali bertanding, akan memperkuat identitas dan membuat mereka nyaman dan percaya diri.

Dan bukannya warna putih berarti menyerah? Tolong PSSI ‘mempekerjakan’ desainer kostum. Jangah diserahkan pada tukang konveksi pinggir jalan untuk urusan kostum Tim Garuda kebanggaan Indonesia. Karena warna sangat mempengaruhi suasana hati pemakainya.

Bravo Tim Garuda!!!! Kita masih punya kesempatan untuk menjadi juara AFF. Sampai jumpa di Jakarta. Tetap pakai kostum merah!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: