Tinggalkan komentar

Selamat Jalan Jatayu

Pagi, 6 Desember 2010. Si Bagus anakku, seperti biasa berangkat ke sekolah. Begitu kami tiba di pagar sekolah, ada pengumuman yang mengejutkan. Innalillahi wa inna illaihi rajiun. Jatayu teman anakku, telah benar-benar terbang. Menemui Sang Khalik yang ternyata lebih mencintainya.
Jatayu anak yang ceria. Pertama kali aku melihat anatomi anak manis itu, aku bisa menebak, Jatayu sakit. Setelah itu, aku jarang melihatnya. Sampai aku lupa bagaimana rupa Jatayu. Menurut ibu-ibu yang biasa nungguin anaknya sekolah (karena memang aku tidak pernah nungguin anakku belajar. Biar mandiri), Jatayu memang sering tidak masuk sekolah. Sering demam. Di kepalaku, mungkin sakit biasa.
Menurut dokter yang rumah sakit yang merawatnya, dia hanya didianosa asma, asma dan asma lagi. Sampai akhirnya dia di rujuk ke Harapan Kita dan ternyata satu paru-parunya tidak berfungsi.
Aku tidak kuasa menahan air mata. Karena orang tua Jatayu ternyata adalah pedagang santan langgananku di pasar.
Ya. Allah Maha Tahu meski tidak diberi tahu. Orang tua Jatayu telah melakukan banyak hal untuk Jatayu. Mereka selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, sama seperti orang tua manapun di dunia. Dan mungkin Jatayu pun sudah lelah dengan segala macam terapi dan obat-obatan yang harus dikonsumsi.
Mama dan Papa Jatayu seakan tahu, akhir dari perjalanan putranya. Mereka sangat tegar dan tabah. Tubuh ringkih itu dipeluk dan diraba-raba dadanya oleh sang ayah. Berharap menemukan detak kehidupan dari sang anak. Tatkala tidak, diciumnya kembali tubuh dan pipi Jatayu. Tanpa setetes air matapun keluar dari kelopak mata laki-laki tersebut. (Air mataku tumpah lagi mengenang semua yang aku llihat pagi tadi)
Aku merenungi semua kejadian yang datang silih berganti. Ada bahagia ada duka. Semuanya laksana roller coaster. Naik dan turun. Dan kita harus siap menghadapi semuanya.

Selamat Jalan Jatayu. Kami semua mendoakanmu.

Tinggalkan Balasan

