Tinggalkan komentar

Dia Anak yang Paling Baik

“Memberikan pujian terhadap anak sesuatu yang wajib, Bunda” begitulah saran seorang teman. Ya. Pujian bagi anak mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan jiwanya. Pujian dapat menyentuh perasaan anak tanpa mengguruinya. Apa yang kita ingin mereka melakukannya, akan direspon dan dilaksanaakan dengan baik. Karena jiwa dan hatinya tercerahkan oleh pujian.

Pujian juga mengajarkan kita, para orang tua, untuk selalu melihat sisi positif anak. Dengan begitu, secara tidak langsung kita akan memberikan gambaran yang positif pula terhadap anak.
Ada sebuah contoh teladan yang diberikan oleh Rasullulah kepada para orang tua. Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Umar- semoga Allah meridhainya- ia berkata “Jika seseorang bermimpi pada masa Rasulullah saw, maka ia menceritakannya kepada Rasulullah saw. Saya pun berangan-angan bahwa saya bermimpi. kemudia akan saya ceritakan kepada Rasulullah saw. Saya adalah anak muda dan saya tidur di masjid pada masa Rasulullah saw. Saya bermimpi bahwa malaikat membawa saya ke neraka. Di sana terlihat ada lubang besar seperti lubang sumur. Ternyata didalamnya ada orang-orang yang saya kenal. Saya pun mengucapkan “Aku berlindung kepada Allah dari neraka.” Lalu aku ceritakan kepada Hafshah dan dia menceritakannya kepada Rasulullah saw. Beliau bersabda, “Sebaik-baik laki-laki adalah ‘Abdullah, jika dia salat malam, setalah itu dia tidak pernah tidur malam kecuali sebentar.”
Demikianlah Rasulullah saw, mendahulukan pujian, “sebaik-baik laki-laki adalah Abdullah.” Lalu beliau mengingatkan tentang sesuatu yang terlalaikan dengan cara yang indah dan menarik hati, “Andai dia salat malam.” Demikianlah pujian dan sanjungan jika dilakukan pada waktu dan tempat yang tepat, tidak berlebihan dan bukan basa-basi. Oleh karena itu, marilah kita, wahai orang tua, memuji anak-anak kita secara seimbang pada waktu dan tempat yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: